Minggu, 14 Desember 2014

PKM-P

i
i
PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
BOJAKEPIN ( BONEKA JARI KENDARAAN PINTAR ) UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK DI RA MUTHMAINNAH TABING
BIDANG KEGIATAN
PKM PENELITIAN
Diusulkan oleh:
Lidya Vinta Putri (12/1200779)
Rani Fadhillah (12/1200797)
Inka Widia Pratama (12/1200816)
Suci Muharni (12/1200818)
Sani Oktari (12/1200788)
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
PADANG
2014

iii
iii
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ..................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................................................................... iii
RINGKASAN ................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah ....................................................................... 1
B. Perumusan masalah.............................................................................. 2
C. Tujuan program.................................................................................... 2
D. Luaran yang diharapkan ....................................................................... 2
E. Kegunaan program ............................................................................... 2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Penggunaan Media Pembelajaran Boneka Jari Kendaraan Pintar dalam Pengembangan Bahasa di Taman Kanak – Kanak ..................... 3
B. Implementasi Media Pembelajaran Boneka Jari Kendaraan Pintar dalam Pembelajaran Anak di Taman Kanak-kanak .............................. 4
BAB III METODE PELAKSANAAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian .................................................. 5
B. Tempat dan Waktu Penelitian ..................................................... 5
C. Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 5
D. Teknik Analisis Data ................................................................... 5
BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
A. Anggaran biaya ........................................................................... 6
B. Jadwal kegiatan ........................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................. 6
LAMPIRAN
I .Biodata Ketua,aggota dan pembimbing ................................... 7
II.Justifikasi anggaran kegiatan ................................................... 16
III. Susunan organisasi tim kegiatan dan pembagian tugas ........ 18
IV. Surat pernyataan ketua pelaksana ......................................... 20
iv
iv
RINGKASAN
Bahasa merupakan alat yang penting untuk berkomunikasi bagi setiap orang. Seorang anak akan mengembangkan kemampuan bergaul (social skill) dengan orang lain. Penguasaan keterampilan bergaul dalam lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa. Tanpa bahasa seseorang tidak akan dapat berkomunikasi dengan orang lain. Anak dapat mengekspresikan pikirannya menggunakan bahasa, sehingga orang lain dapat menangkap apa yang dipikirkan oleh anak.
Agar bahasa anak dapat berkembang dengan baik, maka haruslah dilatih dan dikembangkan dari usia dini baik oleh orang tua maupun guru di Taman Kanak - Kanak , bagi guru hendaklah menggunakan berbagai media yang tepat untuk mengembangkan bahasa anak. Kemampuan guru memanfaatkan boneka jari kendaraan pintar sebagai salah satu media pembelajaran untuk pengembangan bahasa anak usia dini adalah hal yang bagus.
Anak usia dini salah satu karakteristiknya adalah cepat bosan dan konsentrasinya pendek, dengan adanya media pembelajaran boneka jari kendaraan pintar dapat mebuat anak lebih berminat, tertarik untuk belajar dan tidak cepat bosan, pemanfaatan media pembelajaran boneka jari kendaraan pintar diharapkan dapat menjadi solusi bagi para guru, orangtua, dan Anak Usia Dini dalam menyelesaikan masalah pengembangan bahasa anak yang nantinya sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kehidupan anak kedepannya.
1
1
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan Anak Usia Dini adalah lembaga pendidikan pertama yang dimasuki oleh seorang anak, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan dasar untuk melangkah lebih lanjut pada pendidikan seterusnya. Seorang anak mempunyai potensi untuk menyerap segala hal lebih cepat sehingga lebih mudah membentuk dan mengarahkan dirinya. Hal tersebut sesuai dengan Tujuan Program Kegiatan Pembelajaran yaitu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.
Dengan demikian TK sebagai lembaga pendidikan formal tidak boleh mengenyampingkan sisi pendidikan yang harus diserap oleh seorang anak berupa tata nilai yang ada dalam cerita – cerita anak usia dini . Pendidikan Anak Usia Dini harus dapat berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menciptakan situasi pembelajaran yang dapat mengembangkan seluruh potensi anak termasuk pengembangan bahasa anak.
Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang sangat penting sekali diperhatikan oleh guru. Permasalahan yang sering terjadi dalam mengembangkan aspek bahasa anak adalah penggunaan media pembelajaran seperti boneka jari kendaraan pintar yang tidak semua guru bisa untuk menggunakannya, sehingga anak kurang minat dan tidak konsetrasi untuk belajar karena guru tidak mampu untuk menggunakan boneka jari kendaraan pintar sebagai salah satu media pembelajaran . Dan juga karena guru kurang mampu untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih kreatif lagi maka tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal dan pengembangan bahasa anak tidak berkembang sebagaimana mestinya.
Dengan demikian, diharapkan adanya solusi yang kreatif untuk memecahkan permasalahan ini. Solusi kreatif tersebut berupa media pembelajaran untuk pengembangan bahasa anak berbentuk boneka jari kendaraan pintar yang dapat menarik perhatian anak untuk belajar yang di desain sedemikian rupa . Media pembelajaran berupa boneka jari kendaraan pintar didasarkan pada karakteristik Anak Usia Dini yang cepat bosan dan konsentrasi nya pendek, sehingga terciptalah cara pembelajaran yang bersifat menarik untuk mengembangkan minat dan konsentrasi anak dalam belajar serta mengembangkan kognitif dan bahasa anak.
Solusi yang ditawarkan adalah pembelajaran dengan media boneka jari kendaraan pintar. Boneka jari kendaraan pintar merupakan media pembelajaran dimana guru bercerita menggunakan boneka yang dimasukkan
ke jari-jemarinya sebagai tokoh dalam cerita sambil memperagakan kendaraan pintar.Tujuan utama bercerita melalui boneka jari kendaraan pintar adalah untuk mengembangkan bahasa anak . Dengan cara tersebut, maka anak akan dapat mendengarkan secara seksama apa yang disampaikan guru, anak mendapatkan kosa kata baru, anak akan terlatih untuk mampu mengungkapkan atau menceritakan kembali cerita yang telah di dengarnya, mulai dari apa judul cerita, dimana tempat terjadinya peristiwa dalam cerita, kapan waktu terjadinya peristiwa , siapa tokoh dalam cerita, berapa banyak tokoh yang terlibat dalam cerita dan bagaimana jalan cerita , dan untuk kendaraan pintar anak dapat menyebutkan bentuk, struktur, warna dan bagian-bagian dari kendaraan pintar yang di perlihatkan guru sehingga anak akan mampu untuk mengungkapkan atau mengkomunikasikan tentang hal tersebut.
Bercerita dengan media boneka jari kendaraan pintar ini dibuat sedemikian rupa agar menarik minat dan konsentrasi anak untuk mendengarkan cerita yang akan disampaikan guru sehingga tujuan utama pembelajaran adalah agar kemampuan bahasa anak berkembang secara optimal. Maka dari itu, penulis membuat PKM-P ini dengan judul BOJAKEPIN ( Boneka Jari Kendaraan Pintar ) Untuk Mengembangkan Bahasa Anak di RA Muthmainnah Tabing .
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah di uraikan di atas maka penulis dapat merumuskan permasalahan yaitu:
1. Bagaimana pemanfaatan BOJAKEPIN untuk pengembangan bahasa anak di RA Muthmainnah Tabing?
2. Bagaimana pemanfaatan BOJAKEPIN untuk pengembangan berbicara anak di RA Muthmainnah Tabing?
C. Tujuan Program
Menjadikan media pembelajaran boneka jari kendaraan pintar ini sebagai media yang dapat mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak agar anak mampu mengungkapkan apa yang dilihat dan didengarnya sehingga anak mampu untuk berkomunikasi baik dengan teman, guru maupun orang tuanya serta anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa dengan baik.
D. Luaran Yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah:
1. Guru dapat memanfaatkan BOJAKEPIN untuk pengembangan bahasa anak di TK.
E. Kegunaan Program
Adapun kegunaan program ini adalah sebagai berikut: 2
1. Bagi Mahasiswa
a. Mahasiswa menjadi kreatif dalam membuat media pembelajaran yang disukai anak.
b. Mahasiswa dapat melatih kemampuannya dalam menulis PKM P.
2. Bagi Guru
a. Membantu guru dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk mengembangkan bahasa anak didik.
3. Bagi Peserta Didik
a. Bahasa peserta didik dapat berkembang melalui BOJAKEPIN
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Penggunaan Media Pembelajaran Boneka Jari Kendaraan Pintar dalam Pengembangan Bahasa di Taman Kanak – Kanak
Media sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di TK termasuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia TK, media pembelajaran dapat dipergunakan untuk membangun pemahaman penguasaan kosakata. Untuk meningkatkan kosakata bahasa yang belum optimal maka diperlukan suatu media yang dapat mempermudah anak untuk menambah penguasaan kosakata bahasa , salah satunya dengan menggunakan media boneka jari mobil pintar. Menurut Ermayani dalam (Hanna Rachmawati Purnamasari, 2013:5) dijelaskan bahwa “Penggunaan media pembelajaran dapat memperjelas pesan yang ingin disampaikan kepada anak, yang dapat membantu anak untuk meningkatkan motivasinya dalam belajar, serta membuat pembelajaran lebih bervariasi dan diharapkan agar pembelajaran yang dilakukan anak lebih bermakna.”Berkaitan dengan media pembelajaran, untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak, menurut Isah Suryani dalam (Hanna Rachmawati Purnamasari, 2013:5) memaparkan bahwa kemampuan guru adalah mencari cara atau media komunikasi yang sesuai dengan karakteristik anak. Biasanya, cara yang dapat diterima anak yaitu cara-cara paling menyenangkan bagi anak, ilmiah dan tidak banyak intervensi orang dewasa. Dengan cara tersebut disamping pembelajaran yang tampak alamiah dan merangsang minat anak, juga keterlibatan anak dalam pembelajaran bahasa semakin tinggi.
Pengembangan kemampuan berbahasa di TK bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa dengan baik , menurut Somantri dalam (Hanna Rachmawati Purnamasari, 2013:5). Namun dalam kenyataannya tujuan tersebut belum bisa dicapai secara maksimal. Sebagai contoh anak seringkali mendapat kesulitan mengungkapkan pendapatnya ketika pembelajaran berlangsung, sulit 3
mendapatkan jawaban ketika guru bertanya, bahkan untuk berbicara pun anak masih perlu motivasi dan bantuan dari guru.
Media pembelajaran berfungsi sebagai alat yang menarik perhatian dan untuk menumbuhkan minat anak berperan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media boneka jari kendaraan pintar. Boneka merupakan media yang sangat sering digunakan anak dalam bermain dan kendaraan pintar merupakan bagian dari boneka jari yang di desain sedemikian rupa yang dibentuk sesuai dengan tema pembelajaran yaitu tema alat transportasi. Dengan melalui penggunaan media boneka jari kendaraan pintar , secara tidak langsung anak akan belajar mengenai berbicara dengan tanpa disadari dan mengungkapkan apa yang dilihat dan didengarnya. Dengan melalui media tersebut, diharapkan anak akan lebih tertarik untuk mencoba menggunakan dan senang memainkannya secara langsung.
B. Implementasi Media Pembelajaran Boneka Jari Kendaraan Pintar dalam Pembelajaran Anak di Taman Kanak-kanak
1. Ketentuan bercerita dengan boneka jari kendaraan pintar dalam (Yulsofriend , 2010 : 55 )
Adapun hal yang harus di perhatikan oleh seorang guru sebelum bercerita menggunakan boneka jari kendaraan pintar adalah :
a. Guru hendaknya hafal isi cerita misalnya cerita toto, sipy dan loly pesawat terbang, dan guru dapat bersuara yang membedakan antara boneka yang satu dengan yang lainnya.
b. Ada skenario cerita.
c. Menggunakan media boneka yang dapat dimasukkan ke jari.
d. Boneka dibuat sesuai tokoh cerita, menarik bagi anak dan mudah untuk dimainkan anak ataupun guru.
e. Ukuran boneka relatif, yang penting dapat di lihat oleh anak dengan jelas dan di gerakkan oleh jari tangan.
f. Pada saat bercerita dapat menggunakan 1 atau lebih boneka jari sesuai dengan kebutuhan cerita.
g. Boneka jari yang digunakan maksimal 8 buah dengan bentuk berlainan sesuai isi cerita.
2. Langkah-langkah pelaksanaan bercerita dengan boneka jari kendaraan pintar dalam (Yulsofriend , 2010 : 56) .
Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan guru dalam pelaksanaan bercerita dengan boneka jari kendaraan pintar ini adalah:
a. Anak memperhatikan guru menyiapkan alat peraga yang diperlukan.
b. Dengan bimbingan guru, anak mengatur posisi tempat duduknya.
c. Anak memperhatikan guru ketika sedang menunjukkan alat peraga yang telah disiapkan dan menyebutkan nama dan tokoh-tokoh dalam cerita. 4
d. Guru menyebutkan judul cerita.
e. Anak mendengarkan guru bercerita dengan melaksanakan dialog atau percakapan antar boneka.
f. Sambil bercerita guru mengerakkan boneka jari secara bergantian sesuai isi cerita.
g. Setelah selesai bercerita guru perlihatkan kembali seluruh boneka jarinya secara bergantian.
h. Anak diberi kesempatan memberi kesimpulan isi cerita.
i. Guru melengkapi kesimpulan isi cerita.
3. Evaluasi
Setelah selesai bercerita guru dapat bertanya tentang isi cerita, tokoh dalam cerita, dan memberi kesempatan pada satu atau dua orang anak untuk mencoba boneka jari dalam menceritakan kembali cerita tersebut.
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian
Jenis penelitian yang nantinya akan diterapkan adalah deskriptif. Penelitian ini diharapkan mampu mengetahui sejauh apa efektivitas pengembangan bahasa anak melalui BOJAKEPIN (Boneka Jari Kendaraan Pintar) di taman kanak-kanak.
Metode yang dipakai adalah observasi, yaitu jenis penelitian kualitatif yang pada umumnya akan terjun ke lapangan dalam pencarian sumber datanya. Observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai perilaku atau perubahan yang terjadi (nampak) yang ditunjukkan anak selama kurun waktu tertentu. Metode ini dilakukan hanya dengan cara mengamati dan tidak melakukan percakapan (wawancara) dengan anak yang sedang diamati.
B. Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di RA. Muthmainnah Tabing. Total maksimal penelitian dari observasi awal hingga membuat hasil kesimpulan adalah 3 bulan.
C. Teknik Pengumpulan Data
Ditinjau dari segi dan sumber data yang akan dikumpulkan nantinya dalam bentuk data primer dan sekunder. Cara untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara- cara berikut yaitu observasi dan studi kepustakaan.
D. Teknik Analisis Data
Dalam rangka menganalisis data yang telah dikumpulkan, maka penulis mengolah data sesuai dengan model dan formula yang ada serta penulis 5
membandingkan antara teori-teori dengan kenyataan di lapangan. Kemudian menarik kesimpulan dan mencari solusinya.
BAB 4
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
A. Anggaran Biaya
Tabel Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-P
No
Jenis Pengeluaran
Biaya (RP)
1
Peralatan penunjang
270.000
2
Bahan habis pakai
965.000
3
Perjalanan
1.500.000
4
Lain-lain
4.265.000
Jumlah
Rp 7.000.000
B. Jadwal Kegiatan
No
Kegiatan
Jangka Waktu Pelaksanaan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Studi Pustaka
2.
Observasi
3.
Penelitian
4.
Pengolahan Data
5.
Penulisan laporan
DAFTAR PUSTAKA
Hanna Rachmawati Purnamasari. 2013. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Jari Dan Kartu Bergambar. Universitas Pendidikan Indonesia , ( Online ) ,
(http://repository.upi.edu/2937/4/S_PAUD_0604488_Chapter1.pdf, diakses 4 april 2014).
Yulsofriend. 2010. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Padang :SUKABINA Press
6
Lampiran I: Biodata
Biodata Ketua
a. Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Lidya Vinta Putri
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
4
NIM
1200779
5
Tempat/Tanggal lahir
Talang, 7 Mei 1993
6
Email
lidyavintap@yahoo.com
7
No. Telp/HP
082384273126
b. Riwayat Pendidikan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 06 Mungka, Payakumbuh
SMPN 01 Mungka, Payakumbuh
SMAN 1 Kec. Guguak, Payakumbuh
Jurusan
-
-
IPS
Tahun masuk-lulus
2000-2006
2006-2009
2009-2012
c. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
No
Nama Pertemuan ilmiah /Seminar
Judul artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
-
-
-
2
-
-
-
d. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah/asosiasi ataupun institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Cerdas Cermat Remaja Masjid se- Kabupaten
Ikatan Remaja Masjid Koto Kaciak Kec. Guguak
2011
2.
Piagam Juara 1 Kelas
SMAN 1 Guguak, Payakumbuah
2011
3.
Sertifikat Seminar Ikatan Keluarga Bidik Misi
Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan UNP
2012
4
Sertifikat Kemah Bakti Masyarakat FIP UNP
FIP UNP
2012
5.
Sertifikat PKKMB UNP
UNP
2012
6
Serttifikat Krida FIP UNP
FIP UNP
2012 7
Padang, September 2014
Pengusul
(Lidya Vinta Putri)
Biodata Anggota
e. Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Inka Widia Pratama
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
4
NIM
1200816
5
Tempat/Tanggal lahir
Koto Tangah/ 21 Januari 1994
6
Email
inkawidiapratama@ymail.com
7
No. Telp/HP
085830234396
f. Riwayat Pendidikan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 04 Koto Tangah, Payakumbuh
MTS Koto Tangah, Payakumbuh
MAN 2 Payakumbuh
Jurusan
-
-
IPS
Tahun masuk-lulus
2000-2006
2006-2009
2009-2012
g. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
No
Nama Pertemuan ilmiah /Seminar
Judul artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
-
-
-
2
-
-
-
h. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah/asosiasi ataupun institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Juara umum Cerdas Cermat antar nagari se Kec.Bukik Barisan, Payakumbuh
Kec. Bukik barisan, Payakumbuh
2010
2
Juara II lomba shalat jenazah antar nagari se kec.Bukik Barisan,
Kec. Bukik Barisan , Payakumbuh
2009
Payakumbuh
3
Juara kelas MAN 2 Payakumbuh
Man 2 Payakumbuh
2012
4
Seminar Narkoba, UNP
Fakultas Teknik, UNP
2012
5
Seminar Pendidikan, Padang
Aula Gubernur, Padang
2012
7
Sertifikat Kemah Bakti Masyarakat FIP UNP
FIP UNP
2012
8
Sertifikat PKKMB UNP
UNP
2012
6
Serttifikat Krida FIP UNP
FIP UNP
2012
Padang, September 2014
Pengusul
(Inka Widia Pratama)
Biodata Anggota
a. Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Rani Fadhillah
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
4
NIM
1200797
5
Tempat/Tanggal lahir
Curup/ 12 Juli 1994
6
Email
rani.fadhillah12@gmail.com
7
No. Telp/HP
085758202349
b. Riwayat Pendidikan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 101 Perumnas, Curup, Bengkulu
SMPN 1 Curup Tengah, Bengkulu
SMAN 1 Curup Kota, Bengkulu
Jurusan
-
-
IPS
Tahun masuk-lulus
2000-2006
2006-2009
2009-2012
c. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
No
Nama Pertemuan ilmiah
Judul artikel
Waktu dan Tempat
/Seminar
Ilmiah
1
-
-
-
2
-
-
-
d. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah/asosiasi ataupun institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Sertifikat Seminar Nasional dan Bedah Buku Bersama “Oki Setiana Dewi” dengan Tema “Hijab I’m in Love”
Forum Studi Islam Nurul Jannah Universitas Bung Hatta
2014
2
Sertifikat Seminar Nasiona Bedah Buku “Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk” Bersama Ahmad Rifa’i Rif’an
Forum Mahasiswa Islam Fakultas Teknik (FORMIS) UNP
2014
3
Sertifikat Tadabbur Al-Qur’an dan Seminar Wali Nagari, Ketua KAN serta Ulama atau Pengurus Masjid Sesumatera Barat
Forum Komunikasi Perantau Minang
2014
4
Sertifikat Tadabbur Al-Qura’an di Ranah Minang
Pimpinan AQL KH. Bachtiar Nasir, Lc. MM.
2014
5
Sertifikat Talk Show Nasional Bersama Darwis Tere Liye dengan Tema “Untaian Cinta dari Sebuah Pena”
UKK UNP
2013
6
Sertifikat National Training
Trainer Muhammad Zamzami S.E
2012
7
Lomba Bimbingan Kelompok Tingkat SLTA/SLTP se-Provinsi Bengkulu
STAIN Curup
2011
8
Peringkat I Kelas
SMAN 1 Curup, Bengkulu
2011
9
Peringkat II Kelas
SMAN 1 Curup, Bengkulu
2011
10
Rangking I Umum
SMAN 1 Curup, Bengkulu
2010
11.
Rangking 1 Kelas
SMAN 1 Curup, Bengkulu
2010
12
Rangking III Kelas
SMAN 1 Curup,
2010 10
Bengkulu
13
Certificate English For Fun In The Englins Day Competition
SMAN 1 Curup, Bengkulu
2010
14
Sertifikat Orientasi Pendidik Sebaya PIK Remaja Kabupaten/Kota Se Provinsi Bengkulu
BKKBN Provinsi Bengkulu
2010
15
Lomba Sains Mata Pelajaran Matematika dalam Gebyar Science II Tingkat Kabupaten Rejang Lebong
SMAN 1 Curup Selatan
2009
16
Juara Harapan 2 cabang Ekonomi dalam Pekan Sains V SMANSA
SMAN 1 Curup Kota
2009
Padang, September 2014
Pengusul
(Rani Fadhillah)
Biodata Anggota
a. Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Sani Oktari
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
4
NIM
1200788
5
Tempat/Tanggal lahir
Padang Panjang/ 31 Oktober 1994
6
Email
Sani_oktari@yahoo.com
7
No. Telp/HP
081994224510
b. Riwayat Pendidikan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 04 Kampung Manggis,Padang Panjang
SMPN 4 Padang Panjang
MAN 3 Padang Panjang
Jurusan
-
-
IPS
Tahun masuk-lulus
2000-2006
2006-2009
2009-2012
c. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
No
Nama Pertemuan ilmiah
Judul artikel
Waktu dan Tempat
/Seminar
Ilmiah
1
d. Penghargaan dalam 10 tahun
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Sertifikat Kemah Bakti Masyarakat FIP UNP
FIP UNP
2012
2
Sertifikat PKKMB UNP
UNP
2012
3
Serttifikat Krida FIP UNP
FIP UNP
2012
Padang, September 2014
Pengusul
(Sani Oktari)
Biodata Anggota
a. Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Suci Muharni
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini
4
NIM
1200818
5
Tempat/Tanggal lahir
Malalak, 27 Juni 1993
6
Email
sucimuharni87@yahoo.com
7
No. Telp/HP
083180306025
b. Riwayat Pendidikan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 35 Saskand
SMPN 1 Banuhampu
SMAN 2 Lubuk Basung
Jurusan
-
-
IPS
Tahun masuk-lulus
2000-2006
2006-2009
2009-2012
c. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
No
Nama Pertemuan ilmiah /Seminar
Judul artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
2
d. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah/asosiasi ataupun institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1
Sertifikat Krida FIP UNP 2012
FIP Universitas Negeri Padang
2012
2
Sertifikat PKKBM
FIP Universitas Negeri Padang
2012
3
Sertifikat Personality Plus Training (National Training)
Trainer “Muhammad Zamzami S.E
2012
4
Sertifikat The Power Of Public Speaking Training #1
Indonesia Training Center Nusantara Internusa
2013
5
Sertifikat Talk Show Nasional “Darwis Tereb Liye”
UKK Universitas Negeri Padang
2013
6
Sertifikat SMILE 1
FORSIS FIP Universitas Negeri Padang
2012
7
Sertifikat SMILE 2
FORSIS FIP Universitas Negeri Padang
2013
8
Sertifikat Seminar Nasional Bedah Buku “Tuhan, Maaf kami sedang sibuk “
FORMIS FT Universitas Negeri Padang
2014
9
Sertifikat Seminar Nasional Bedah Buku “ Hijab I’m in Love”
Forum Studi Islam Nurul Jannah Universitas Bung Hatta
2014
10
Sertifikat Tadabbur Al-Quran dan Seminar Wali Nagari, Ketua KAN Serta Ulama atau pengurus Mesjid Sesumatera Barat
Forum Komunikasi Perantau Minang Peduli Aqidah Umat (FKPM)
2014
11
Sertifikat Tadabbur Qur’an Di Ranah Minag
Pimpinan AQL “KH.BACHTIAR NASIR. LC.MM”
2014
12
Sertifikat Pelatihan Keterampilan Dakwah
Universitas Negeri Padang
2014 13
Mahasiswa 2014
13
Sertifikat Seminar Nasional ACIKITA PADANG
ACIKITA PADANG
2014
Padang, September 2014
Pengusul
(Suci Muharni)
Biodata Pembimbing
a. Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Dr. Nenny Mahyuddin. S.pd, M.pd
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
4
NIDN
0026097707
5
Tempat/Tanggal lahir
Jakarta, 26 September 1977
6
Email
nenny.mahyuddinpaud@gmail.com
7
No. Telp/HP
082114947618
b. Riwayat Pendidikan
Tahun
Lulus
Program Pendidikan
Perguruan Tinggi
Jurusan/
Program Studi
2014
Doktor (S3)
Universitas Negeri Jakarta
Pendidikan Anak Usia Dini
2007
Magister (S2)
Universitas Negeri Jakarta
Pendidikan Anak Usia Dini
2002
Sarjana (S1)
Universitas Negeri Jakarta
Pendidikan Anak Usia Dini
1999
PGTK (D2)
IKIP Jakarta
Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak
1995
Sekolah Menengah Atas
SMAN 58 Jakarta
Sosial budaya
1992
Sekolah Menengah Pertama
SMP Muhammadiyah Cisalak Depok
1989
Sekolah Dasar Negeri
SDN Mekarjaya XXXI Depok, Jawa Barat
1983
Taman Kanak-kanak
TK Said Naum Jakarta
c. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
Tahun
Judul Kegiatan
Penyelenggara
Panitia/ peserta/pembicara
2009
Pelatihan Asesmen Anak Usia Dini
Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang
Pembicara
2009
Pelatihan Kurikulum dan Model Pembelajaran
Dinas Pendidikan Kota Padang panjang
Pembicara
2010
Training of Trainer (TOT) Manajemen Kepala TK se-Sumbar di Bukit Tinggi
Dinas Pendidikan Kota Padang
Pembicara
2010
Sosialisasi Pembinaan Aktivitas Motorik Anak TK se-Prov. Sumbar
Dinas Pendidikan Kota Padang
Pembicara
2012
International Conference Early Childhood Education
Universitas Negeri Padang
Pembicara
Padang, 22 September 2014
Dosen Pembimbing
(Dr. Nenny Mahyuddin, S.Pd, M.Pd)
Lampiran II: Justifikasi Anggaran Kegiatan
1. Peralatan Penunjang
Material
Justifikasi pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Gunting
Untuk menggunting kain flanel dan benang
5
5.000
25.000
Penggaris
Untuk menggaris pola
5
2.000
10.000
Jarum Jahit
Untuk Menjahit pola menjadi boneka jari
2 set
5.000
10.000
Mesin Jahit Mini (tangan)
Untuk Menjahit pola menjadi boneka jari
5
30.000
150.000
Lem Tembak Kecil
Untuk membantu mengelem pernak pernik boneka jari
2
35.000
75.000
TOTAL
Rp 270.000
2. Bahan Habis Pakai
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Pensil 2B
Untuk menulis pola
3 Kotak
30.000
90.000
Spidol
Untuk Mempertegas pola
10
7000
70.000
Tinta Spidol
Untuk mengisi ulang spidol
10
10.000
100.000
Spidol warna
Mewarnai dan mempertegas pola
3 set
15000
45.000
Benang wol
Untuk
20 gulung
3000
60.000 16
warna warni
menyambung pola-pola
Kain flanel warna warni
Bahan dasar untuk boneka jari
10 kayu
20.000
200.000
Pena
Untuk menulis
3 kotak
50.000
150.000
Pernak pernik boneka jari (mata, hidung)
Mempercantik boneka jari
10 Lusin
20.000
200.000
Lem Lilin
Untuk menempelkan pernak pernik boneka
10
5.000
50.000
TOTAL
Rp965.000
3. Perjalanan
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Observasi ke RA. Muthmainnah
Untuk mengetahui perkembangan pemanfaatan boneka jari
5 orang (25 x bolak balik)
10.000
1.250.000
Pergi ke pasar
Membeli bahan-bahan dan peralatan untuk membuat boneka jari
5 orang (5 kali)
10.000
250.000
TOTAL
Rp 1.500.000
4. Lain-lain
Material
Justifikasi material
Kuantitas
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Print dan foto copy Proposal
Proses Pembuatan proposal
3
15.000
45.000
Browsing Internet
Pembelian pulsa modem
3 kali
50.000
150.000 17
Konsumsi Kelompok
Untuk konsumsi kelompok
5 orang x 25 hari
20.000
2.500.000
Konsumsi Pembimbing
Untuk konsumsi pembimbing
1 x 6 hari
20.000
120.000
Konsumsi Guru TK
Untuk konsumsi guru TK
3 x 10 hari
15.000
450.000
Konsumsin Anak-anak
Untuk konsumsi anak-anak
10 x 10 hari
10.000
1.000.000
TOTAL
4.265.000
TOTAL KESELURUHAN
7.000.000
Lampiran III: Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas
No
Nama/NIM
Program studi
Alokasi waktu (jam/minggu)
Uraian tugas
1
Lidya Vinta Putri
PG PAUD
30 jam
a. Mengkoordinasi tim.
b. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan program
c. Mengkonsultasikan segala permasalahan dengan semua anggota
d. Koordinasi dalam hal pembimbingan dengan dosen pembimbing
2
Rani Fadhillah
PG PAUD
30 jam
a. Membantu pelaksanaan setiap kegiatan dalam program
b. Bertanggungjawab terhadap ketua pelaksana.
c. Mengkonsultasikan program dengan dosen pembimbing
d. Bertanggungjawab dalam pengambilan pembuatan media kegiatan
3
Inka Widia Pratama
30 Jam
a. Membantu pelaksanaan setiap kegiatan dalam program
b. Bertanggungjawab terhadap ketua pelaksana.
c. Mengkonsultasikan program dengan dosen pembimbing
d. Bertanggungjawab dalam pengambilan pembuatan media kegiatan
4
Suci Muharni
PG PAUD
30 Jam
a. Membantu pelaksanaan setiap kegiatan dalam program 18
b. Bertanggungjawab terhadap ketua pelaksana.
c. Mengkonsultasikan program dengan dosen pembimbing
d. Bertanggungjawab dalam pengambilan pembuatan media kegiatan
5
Sani Oktari
PG PAUD
30 Jam
a. Membantu pelaksanaan setiap kegiatan dalam program
b. Bertanggungjawab terhadap ketua pelaksana
c. Mengkonsultasikan program dengan dosen pembimbing
d. Bertanggungjawab dalam pengambilan pembuatan media kegiatan
19
Lampiran IV: Surat Pernyataan Ketua Peneliti/Pelaksana
KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jln. Professor Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Padang, Telp. (0751)7058694
SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : LIDYA VINTA PUTRI
NIM : 1200779
Program Studi : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Dengan ini menyatakan bahwa proposal PKM-P saya dengan
judul:
BOJAKEPIN ( Boneka Jari Kendaraan Pintar ) Untuk Mengembangkan Bahasa Anak di RA Muthmainnah Tabing yang diusulkan untuk tahun anggaran 2014 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.
Padang, September 2014
Mengetahui, Yang menyatakan,
Pembantu Rektor/Ketua
Bidang kemahasiswaan,
Meterai Rp6.000
(Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd) (Lidya Vinta Putri)
NIP.19621012 198602 1 002 NIM.1200779

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar